Kamis, 18 Agustus 2016

Candi Borobudur 



Candi Borobudur merupakan salah satu dari tujuh tempat keajaiban dunia. Candi ini bukan hanya terkenal dan terbesar di Indonesia, bahkan di dunia. Bila anda lihat dari atas strukturnya yang tertata rapi dan unik membuat siapa saja akan terkagum mengingat bangunan ini cukup kuat di bangun pada jaman yang sejak dahulu, tanpa peralatan mesin dan teknologi canggih. Tidak banyak pula, banyak ditemui wisatawan asing yang berkunjung.

Lokasi : 
Candi Budha terbesar ini berada di Desa Borobudur, Kab.Magelang, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang tepatnya berada sekitar 100 km sebelah barat laut dari kota Jogja. Walaupun candi ini berada di Magelang namun keberadaannya sering dijadikan sebagai salah satu tujuan destinasi wisata di Jogja.

lokasi candi ini sangat strategis dan mudah di jangkau oleh wisatawan, untuk sampai ke lokasi wisatawan dapat menaiki angkutan umum seperti angkot,mini bus, dan bus . selain itu di area dekat candi juga tersedia alat transportasi lain seperi bacak, dokar, dan ojek. 

Untuk tiket masuk candi ini cukup terjangkau, yaitu Rp.30.000 untuk turis domestik dan Rp.50.000 untuk turis manca negara.

Sejarah 

Candi Borobudur itu adalah candi budha yang juga menjadi salah satu candi terbesar sekaligus keajaiban dunia yang sudah diketahui oleh banyak orang. Candi ini mengandung sejarah yang luar biasa dan memiliki keindahan yang cukup memikat hati. Sehingga tidak heran disana banyak sekali wisatawan dari berbagai wilayah penjuru dunia. 
  Borobudur dibangun oleh Samaratungga, seorang raja kerajaan Mataram Kuno yang juga keturunan dari Wangsa Syailendra pada abad ke-8. Keberadaan Candi Borobudur ini pertama kali terungkap oleh Sir Thomas Stanford Rafles pada tahun 1814. Pada saat itu, Candi Borobudur ditemukan dalam kondisi hancur dan terpendam di dalam tanah. Candi yang terdiri dari 10 tingkat ini sebenarnya memiliki tinggi keseluruhan 42 meter. Namun setelah dilakukan restorasi, tinggi keseluruhan candi ini hanya mencapai 34,5 meter dengan luas bangunan candi secara keseluruhan 123 x 123 meter (15.129 m2). Setiap tingkat pada Candi Borobudur ini dari lantai pertama sampai lanyai enam memiliki bentuk persegi, sedangkan mulai dari lantai ke tujuh sampai lantai ke  sepuluh berbentuk bulat. Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar pada abad ke-9. Menurut Prasasti Kayumwungan, terungkap bahwa Candi Borobudur selesai dibangun pada 26 Mei 824, atau hampir 100 tahun sejak mulai awal dibangun. Konon nama Borobudur berarti sebuah gunung yang berteras - teras atau biasa juga disebut dengan budhara. Namun ada juga yang mengatakan bahwa Borobudur berarti biara yang terletak di tempat yang tinggi. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa posisi Candi Borobudur berada pada ketinggian 235 meter diatas permukaan laut. Ini berdasarkan studi dari para ahli Geologi yang mampu membuktikan bahwa Candi Borobudur pada saat itu adalah sebuah kawasan danau yang besar sehingga sebagian besar desa-desa yang berada di sekitar Candi Borobudur berada pada ketinggian yang sama, termasuk Candi Pawon dan Candi Mendut.  

 Berdasarkan Prasasti tanggal 842 AD, seorang sejarawan Casparis menyatakan bahwa Borobudur merupakan salah satu tempat untuk berdoa. Dimana dalam prasasi tersebut mengandung kata "Kawulan i Bhumi Sambhara" yang berarti asal kesucian dan Bhumi Sambara merupakan nama sebuah sudut di Candi Borobudur tersebut. Setiap lantai pada Candi Borobudur ini mengandung tema yang berbeda - beda karena pada setiap tingkat tersebut melambangkan tahapan kehidupan manusia. Hal ini sesuai dengan ajaran Buddha Mahayana bahwa setiap orang yang ingin mencapai tingkat kesempurnaan sebagai Buddha harus melalui setiap tingkatan kehidupan. Pada setiap lantai di Candi Borobudur terdapat relief - relief yang bila dibaca dengan runtut akan membawa kita memutari Candi Borobudur searah dengan jarum jam.




Nilai Penting dan Keunikan 

Ketika anda sampai di tempat ini tentunya anda tidak akan bosan hanya dengan sekedar melihat. Anda juga bisa belajar dan mengetahui cerita apa yang digambarkan oleh relief-relief tersebut dengan menggunakan jasa pemandu yang ada disana. Nah, anda tentunya juga harus mengitari seluruhnya untuk bisa sampai ke puncaknya.

Di dalam candi ini ada lagi hal yang menarik. Anda tentu boleh percaya tidak percaya, bahwa ada stupa yang didalamnya berisi patung Buddha yang sedang duduk. Cobalah anda memasukkan tangan anda pada celah atau lubang yang terdapat pada stupa dan coba raih dan pegang kepala pada patung tersebut. Patung tersebut cukup jauh untuk dicapai, kerena letaknya yang berada di tengah. Bila tangan anda cukup sampai, anda bisa mendapatkan keberuntungan dan memohon apa yang ingin anda minta.

Opini saya mengnai Candi Borobudur 

Bukan hal yang menjadi rahasia lagi untuk masyarakat dunia, bahwa Borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Memang di candi ini terdapat peninggalan-peninggalan sejarah yang bisa ditemukan untuk dipelajari. Namun, sayangnya struktur bangunan di Borobudur tak lagi utuh akibat adanya gempa yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Itulah alasan mengapa pihak pengelola dan pengurus candi melakukan renovasi bangunan, sehingga keaslian bangunannya tidak seperti dulu. Selain itu sekarang ini Borobudur di urus oleh pemerintah daerah Yogyakarta tidak lagi oleh pemerintah daerah Magelang, itu sangat d sayangkan menurut saya . Karena nantinya Magelang hanya akan mendapat sedikit pemasukan saja.
semoga kedepan nya Candi ini tetap dapat d lestarikan dan tidak akan punah baik dalam bangunanya atau pun segi sejarahnya, dan pengelolaan Candi ni juga dapat berjalan dengan baik agar lebih bermanfaat untuk masyarakat sekitar

Sumber 
 http://www.mishba7.com/2016/03/contoh-teks-ulasan-candi-borobudur.html
http://jokowarino.id/berwisata-ke-candi-borobudur/
http://specindo.com/harga-tiket-masuk-candi-borobudur-terbaru/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar